Hidup Bareng Diabetes? Tenang Saja...

Tetap Semangat Hidup dengan Diabetes

diabetes
Diabetes? No way! Siapa sih yang mau terkena penyakit yang belum ada obatnya sampai saat ini.. Memang semua orang pasti tidak mau hidup selamanya bersama penyakit diabetes melitus atau yang biasa disebut penyakit kencing manis. Namun kenyataannya, dewasa ini justru semakin banyak orang yang "terpaksa" harus hidup seumur hidup dengan penyakit yang membutuhkan diet ini. 

Agar semakin cerdas menyikapi fakta bahwa kita atau anggota keluarga kita harus hidup dengan penyakit diabetes atau disebut diabetesi, mari kita tetap positif, bersemangat dan menjalankan diet khusus diabetes agar kualitas hidup terjaga sehingga tetap dapat melakukan aktivitas secara normal. Hidup bareng diabetes? Siapa takut! Tetap jalani hidup dengan semangat.

Diet Khusus untuk Penderita Diabetes

Diet secara khusus merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para penderita diabetes. Prinsip dari diet tersebut adalah membatasi jumlah zat gula yang masuk kedalam tubuh sehingga pankreas bekerja tidak keras menghasilkan insulin yang digunakan untuk mengolah zat gula tersebut. 

memang banyak diabetesi yang mengeluh pada saat menjalankan diet ini karena harus banyak berpantang, terutama pantangan terhadap makanan enak yang biasanya mengandung kolesterol dan zat gula yang tinggi. Namun, demi kualitas hidup yang lebih baik, diet ini mesti dilakukan.

Hasil yang diharapkan melalui diet diabetes ini adalah diabetesi mampu mempertahankan kadar glukosa darah supaya mendekati normal dengan menjaga keseimbangan antara asupan makanan dengan kadar insulin. Diet diabetes ini tetap membutuhkan kombinasi dengan obat penurun glukosa, serta tentunya olahraga secara teratur.

diabetes diet


Hindari untuk dikonsumsi:
  • Makanan yang banyak mengandung gula sederhana seperti gula pasir, gula merah, sirup, selai, buah-buahan yang diawetkan dengan gula, susu kental manis, dan aneka minuman kemasan, terutama minuman bersoda.
  • Makanan yang mengandung banyak lemat, seperti cake, makanan siap saji dan gorengan.
  • Makanan yang mengandung banyak natrium, seperti ikan asin, telur asin, dan makanan yang diawetkan.
Jangan kuatir! Masih banyak kok jenis makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Baik untuk dikonsumsi:
  • Sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti, kentang, singkong, ubi, dan sagu. Persentase dalam menu 60%.
  • Sumber protein rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, susu skim, tempe, tahu dan kacang-kacangan. Persentase dalam menu 20%.
  • Sumber serat yang banyak terdapat pada sereal dan buah-buahan.Diabetesi hendaknya mengkonsumsi serat setidaknya 40 gram per hari. Persentase dalam menu 20%.

Madu Baik untuk Disertakan dalam Diet Diabetes

Madu murni dapat digunakan sebagai pengganti gula biasa, menurut americandiabetes.com, madu murni digolongkan sebagai salah satu senyawa atau bahan makanan pengganti gula yang aman bagi diabetesi. Salah satu jenis madu itu adalah madu bunga Clover  atau Clover Honey. Dari penelitian diketahui bahwa Clover Honey memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak begitu mempengaruhi tingkat gula darah. HDI Clover Honey tidak hanya berfungsi sebagai pengganti pemanis bagi diabetesi, tetapi juga memberikan asupan nutrisi dan mineral yang sangat penting bagi tubuh

Agar lebih presisi, sebelum melakukan diet, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang menangani penyakit Anda.

Jadwal Diet & Olahraga Bagi Penderita Diabetes

Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah olahraga secara teratur, setidaknya dua kali dalam seminggu. Lakukan olahraga yang ringan, jangan yang terlalu berat karena justru dapat merusak ritme diet Anda. Olahraga berguna untuk mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh.

Dengan mengatur pola makan, teratur mengatur jadwal, serta olahraga, para penderita diabetes dapat meningkatkan kualitas hidup. Lakukan semua itu dengan penuh kepasrahan kepada Tuhan karena akan menghindarkan kita dari stress yang justru akan mempengaruhi kondisi fisik kita. Jadi untuk Anda penderita diabetes, tetap semangat!

Postingan Populer