Manfaat Antioksidan Pada Produk Perlebahan Bagi Imunitas Tubuh

Antioksidan Produk Lebah

-Sejak ratusan tahun yang lalu produk perlebahan telah digunakan masyarakat di penjuru dunia sebagai suplemen maupun obat. Bahkan hingga kini, setelah melalui banyak penelitian oleh para ahli ternyata banyak sekali manfaat yang bisa di dapat dari produk perlebahan, dan salah satu manfaat yang dimaksud adalah sebagai antioksidan. Apa itu Antioksidan?

Antioksidan Produk Perlebahan

Perlu diketahui sebelumnya, produk perlebahan yang maksud disini adalah madu, royal jelly, bee pollen dan bee propolis. 

Saat ini ada 5 fakta manfaat madu bagi kesehatan:
1. Madu sebagai sumber anti-oksidan
2. Madu berperan sebagai anti-mikroba
3. Madu sebagai sumber energi
4. Mengonsumsi madu dapat memperbaiki dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dan dapat melawan keadaan-keadaan klinis tertentu.
5. Madu mengandung banyak nutrisi, antara lain asam amino, vitamin, mineral, dan lain-lain.

Di bidang ilmu farmakologi, manfaat produk madu telah banyak di teliti. Penelitian-penelitian tersebut menemukan adanya kesamaan kandungan dan fungsi dari keempat produk madu tersebut. Berdasarkan data yang didapat, bee pollen memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dari yang lainnya, sedangkan bee propolis berperan aktif menjaga imunitas tubuh, dan royal jelly baik dalam meningkatkan energi pemula. Bagaimana dengan madu? Madu sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan pernapasan.
Mari kita lihat satu persatu manfaat dari produk-produk pelebahan.





MADU ( CLOVER HONEY )

Kapasitas antioksidan produk perlebahan dari berbagai jenis madu telah dikaji dengan seksama di Universitas Illinois dengan membandingkan nilai ORAC. Dari penelitian ini diketahui produk lebah banyak mengandung senyawa phenol, asam ascorbat dan enzim-enzim glucose oksidase, katalase dan peroksidase. Kapasitas antioksidan produk lebah dapat terlihat dari komposisi senyawa phenolnya. Meskipun kebanyakan madu memiliki banyak kemiripan tetapi secara kuantitatif menunjukkan adanya perbedaan tampilan senyawa phenol. Oleh karena itu kapasitas antioksidan produk perlebahan sangat bervariasi bergantung dari jenis flora yang dihinggapi lebah. Yang perlu dicatat adalah bahwa dibandingkan dengan sucrose yang tidak memiliki khasiat antioksidan, maka madu lebih enak dan dapat menjadi sumber suplemen anti oksidan.

BEE PROPOLIS

Propolis mengandung resin, wax, minyak eter dan pollen. Propolis kaya akan asam amino, hal ini penting dalam fungsi sistem imunitas tubuh. Selain itu produk lebah banyak menganding bioflavonoid. Bioflavonoid sebagai antioksidan dilaporkan mampu mengikat radikal bebas dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan bioflavonoid dalam satu gram propolis setara dengan 400 gram buah jeruk.

Propolis memiliki khasiat lain selain sebagai anti oksidan yaitu sebagai anti-mikroba, anti-tukak, dan anti-tumor. Akan tetapi kandungan propolis bergantung pada jenis tanaman yang dihinggapi kumbang/ lebah; dengan kata lain bergantung pada lokasi/daerah, waktu/musim dan jenis bunga/tanaman.

ROYAL JELLY
Selama ini kita mengenal royal jelly sebagai makanan untuk meningkatkan energi tubuh dan meningkatkan proses regenerasi sel-sel tubuh. Berbeda dengan propolis, kandungan royal jelly relatif konstan. Kandungan utama royal jelly adalah air, protein, gula lemak dan mineral. Madu, propolis dan royal jelly mengandung phytonutrien yang bermanfaat dalam mencegah proses kanker dan khasiatnya sebagai anti-tumor. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah golongan asam caffeat (caffe acid). Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa bahan-bahan tadi sebagai anti-tumor bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim pospolifase dan lipoxigenase. Namun bila produk lebah diolah dan dipanasi secara berlebihan maka khasiat phytonutrien tersebut sebagian besar akan hilang. Selain itu asam caffeat adalah senyawa phenol yang bekhasiat sebagai antioksidan. Dalam hal meningkatkan imunitas tubuh, asam caffeat merupakan inhibitor spesifik dari NTF, NFkB. Dengan demikian menghambat laju pembelahan sel-sel yang mengalami transformasi.

Hambatan aktivitaslipoxigenase akan memberikan khasiat anti inflamasi. Selain itu derivate asam caffeat menunjukkan efek hambatan pembentukan ROS. Dimana ROS diketahui berperan penting dalam mengaktifkan NFkB.

BEE POLLEN
Enzim-enzim bee pollen dan propolis masih ditemui dalam madu yang benar-benar murni. Enzim-enzim inilah yang berperan sebagai anti-virus dan anti-mikroba pada produk perlebahan madu ketika dipakai untuk mensucihamakan luka dan mempercepat penyembuhan luka. Enzim glucose oxidase bersama dengan air akan menghasilkan hidrogen peroxida yang nantinya bertindak sebagai antiseptik.

Bee pollen sebenarnya merupakan antibiotik alami yang paling potensial dan mampu mencegah infeksi seperti flu-pilek.
Berikut khasiat stimulasi immunitas pada bee pollen:
  • Menormalkan fungsi metabolisme
  • Merangsang selera makan
  • Immunomodulator terhadap berbagai reaksi alergi
  • Antioksidan
Khasiat bee pollen sebagai immunomodulator dan anti oksidan dimungkinkan karena produk lebah ini kaya akan protein (termasuk 22 asam amino), vitamin (18 vitamin termasuk vitamin C, E dan A), mineral, flavonoid dan berbagai jenis enzim.

Bee pollen kaya akan flavonoid glycose yang memiliki khasiat antioksidan. Pada kenyataannya kapasitas antioksidan bee pollen lebih tinggi daripada buah-buahan yang paling tinggi kadar antoksidannya (pomegranates). Namun bee pollen adalah produk perlebahan dengan rendah kalori.

Mekanisme kerja produk lebah sebagai anti-oksidan
Sampai saat ini mekanisme kerja produk lebah sebagai antioksidan sama seperti antioksidan flavonoid lainnya yaitu:
  1. Mencegah oksidasi sejak awal reaksi
  2. Menghambat proses oksidasi segera saat reaksi terjadi
  3. Memperbiki kerusakan akibat oksidasi
Dengan demikian efek antioksidan produk perlebahan akan memberikan khasiat:
  • Antitumor, dengan cara menghambat enzim-enzim yang berperan dalam pembelahan sel, anglogenesis, dan apoptosis (kematian sel).
  • Anti inflamasi, menhambat aktivitas enzim COX dan LOX yang dibutuhkan dalam pembentukan mediator inflamasi; serta menghambat histamin.
  • Kardiovaskular; mencegah aterosklerosis dan thrombosis dengan cara melindungi LDL dari proses oksidasi; dan menurunkan agregasi platelet.
Pemesanan: 
Untuk informasi harga dan pendaftaran member HDI silahkan hubungi saya
Kuria Aryani Putri  Jl. Albasia Blok A2 No. 11 Duren Jaya Bekasi Timur 
Hp. 0852 8630 3619 Pin  BBM 5C56400B
 Email      : kuriahdi@gmail.com
Facebook Page   : facebook.com/beehealthysecrets

Peran anti oksidan produk lebah terhadap imunitas tubuh

Peran anti oksidan terhadap imunitas tubuh dari penelitian Al-Waili yang memberikan madu secara infus melalui vena maka dijumpai peningkatan kadar gula darah hanya untuk waktu rendah dari saat puasa. Pemberian madu secara intra vena berkhasiat melindungi hati dan klroform. Tahun berikutnya Al-Waili meneliti efek penggunaan madu selama 15 hari maka dijumpai penurunan kolesterol, CRP, Homosistein dan kadar gula darah puasa.

Bila diberikan pada penderita dengan hipertrigliseritimia ternyata madu mampu menurunkan lemak ini begitu juga pada penderita hiperlipidemia madu menurunkan kolesterol. Madu dapat meningkatkan sekresi insulin yang lebih besar daripada yang disebabkan oleh pemberian sukrose. Pada penelitian lainnya, Al-Waili menemukan bahwa pemberian madu peroral akan merangsang pembentukan antibodi selama respon imun primer dan sekunder.
Perbandingan kapasitas antioksidan antara HDI Bee Pollen dengan buah-buahan lainnya
Produk perlebahan seperti madu, royal jelly, propolis dan pollen mengandung anti oksidan dalam bentuk flavonoid, enzim, vitamin dan mineral. Dibandingkan dengan flavonoid dari sumber lainnya, kapasitas anti oksidan dari produk perlebahan jauh lebih besar. Khasiat anti oksidan produk perlebahan telah terbukti dengan makin nyatanya perbaikan imunitas tubuh pemakai.

Pemesanan: 
Untuk informasi harga dan pendaftaran member HDI silahkan hubungi saya
Kuria Aryani Putri  Jl. Albasia Blok A2 No. 11 Duren Jaya Bekasi Timur 
Hp. 0852 8630 3619 Pin  BBM 5C56400B
 Email      : kuriahdi@gmail.com
Facebook Page   : facebook.com/beehealthysecrets

Postingan Populer