Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Anak Percaya Diri Jika Dipuji

Memuji merupakan ekspresi yang menunjukkan rasa bangga sekaligus menumbuhkan motivasi anak. Pujian akan menambah rasa percaya diri anak, sehingga membuatnya lebih yakin untuk melakukan sikap-sikap yang baik. Itu sebabnya memberikan pujian tidak boleh sembarangan karena ada beberapa pujian yang justru memicu perkembangan pribadi yang kurang baik bagi si kecil, seperti tidak jujur, lebih mementingkan hasil, narsistik, dan lain-lain. Maka penting untuk orang tua mengetahui pemilihan pujian yang tepat bagi anak mereka. Pujian perlu diberikan pada anak, asalkan sesuai dengan kemampuan anak, spesifik, tidak berbohong dan melebih-lebihkan. Misalnya, ketika anak mau makan sayuran,  puji si kecil sebatas apa yang sudah dilakukan.

Pujian juga perlu diberikan dalam rentang waktu yang proporsional dengan frekuensi yang tidak berlebihan. Pujian yang berlebihan diberikan akan membuatnya tidak spesial. Bukannya memotivasi, pujian akan dianggap anak sebagai aktivitas yang membosankan.

Cara memuji juga perlu diperhatikan. Pujian sebaiknya tidak diikuti dengan membanding-bandingkan anak dengan anak lain. Hal tersebut akan memicu kecemburuan dan rasa iri bagi anak yang dibandingkan. Sebaliknya, pujian boleh diberikan di depan anggota keluarga lain seperti kakek, nenek, paman, bibi, kakak, bahkan guru. Hal tersebut akan membuat pujian terasa lebih bermakna dan mengena di hati anak.



Berikan Kepercayaan untuk Tumbuhkan Percaya Diri Anak

Sikap orang tua yang selalu melarang si kecil untuk melakukan sesuatu merupakan sikap yang keliru, anak cenderung akan menjadi penakut dan tidak berani mencoba hal-hal baru karena khawatir dimarahi orang tua. Membatasi perilaku anak memang perlu, namun tidak harus selalu melarang ini itu, masa kecil adalah masa bermain, mengeksplorasi hal-hal baru, mengenal konsekuensi, selama tidak berbahaya sebaiknya perbolehkan anak-anak untuk mencoba.

Jika pun hal yang ingin dilakukan berbahaya, cobalah berikan pengertian dan alasan yang masuk akal, jangan hanya mengatakan 'jangan' atau 'tidak boleh'.

Percaya Diri dengan Tubuh yang Sehat

Dukung tumbuh kembang anak Anda dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk masa pertumbuhannya, Sayangnya sekarang ini mendapatkan bahan makanan yang benar-benar aman untyk dikonsumsi sangatlah sulit, contohnya sayuran, apakah Anda yakin bebas dari pestisida meskipun sudah dicuci? Bagi yang mampu membeli sayuran organik, apakah Anda yakin bahannya sepenuhnya organik? Beruntunglah saat ini terdapat banyak suplemen yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si kecil, salah satunya adalah Honeybee PollenS, mengandung nutrisi lengkap untuk kebutuhan sang buah hati agar sehat, cerdas, ceria dan percaya diri.

Ikuti terus info-info kesehatan hanya di sehatdenganmanfaatmadu.blogspot.com

Postingan Populer