Ini Penyebab Mengapa Pria Lebih Cepat Tua

Penelitian Membuktikan Pria Lebih Cepat Tua

Berdasarkan Penelitian membuktikan, kaum pria ternyata lebih cepat mengalami penuaan daripada kaum wanita. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan pada tubuh pria lebih cepat menua. Akibatnya, tubuh pria lebih mudah terpapar penyakit dibanding wanita. Hal ini mengakibatkan wanita berkesempatan hidup lebih lama daripada pria.
Umur berhubungan dengan variasi perubahan sistem imun dalam wanita dan pria. Penemuan ini mengindikasikan, parameter pertahanan tubuh yang menurun lebih lambat pada wanita menyebabkannya hidup lebih lama .

Penelitian Membuktikan
Hasil Penelitian ini didapat dengan menganalisa 356 tes darah dari partisipan yang sehat dalam kisaran umur 20 sampai 90 tahun. Peneliti menghitung jumlah sel darah putih dan molekul sitokinin, yang merupakan penanda  sistem imun dalam tubuh.
Dalam dua jenis kelamin tersebut jumlah sel darah putih menurun seiring waktu. Rata-rata penurunan sangat terlihat pada limfosit yg disebut T-sel dan B-sel. Penurunan jumlah kedua sel tersebut lebih cepat pada peserta pria dibandingkan wanita. Hal sama terjadi pada sitokinin IL-6 dan IL-10 , yang mengakibatkan sistem imun pria lebih lemah.
Sitokinin IL-10 tidak hanya berfungsi sebagai pertahanan saat adanya luka, tapi juga mengatur sistem imun supaya bisa terus dikendalikan. Sistem imun yang tidak terkontrol bisa menimbulkan penyakit pada jantung, saluran darah arteri, dan menyebabkan terjadinya pikun (demensia).
Dua sistem imun yang aktif melawan kehadiran benda asing CD4 T-Sel dan natural killer (NK) sel bertambah seiring waktu. Pada pria, pertambahannya lebih tinggi. NK sel adalah lini pertama pertahanan tubuh melawan kanker.
Proses penuaan berbeda pada pria dan wanita. Wanita punya esterogen lebih banyak yang melindungi mereka dari kardiovaskuler sampai tibanya menopause. Hormon seks juga berefek pada pertahanan tubuh, terutama pada beberapa tipe limfosit.
Dapatkan info kesehatan lainnya di sehatdenganmanfaatmadu.blogspot.com

Postingan Populer