High Heels, Cantik Tapi Menyakitkan

Pakai High Heels? Boleh Gaya Asal Tak Berbahaya

Kini pemakaian high heels atau sepatu hak tinggi kini tidak lagi sebatas untuk aktivitas formal belaka. Bahkan, beberapa kaum wanita memakai jenis sepatu ini untuk berbagai kegiatan sehari-hari, tidak jarang kita juga melihat mereka berlari mengejar bus atau kereta dengan menggunakan sepatu hak tinggi. Padahal menurut sebuah studi terbaru dari Ningbo University, China, aktivitas berat seperti berlari jika dilakukan dengan menggunakan sepatu hak tinggi efeknya bisa berbahaya. Salah satu penyakit yang bisa dipicunya yaitu arthritis atau gangguan pada sendi lutut yang dapat membuat kecacatan seumur hidup. Sebanyak 9 dari 10 wanita yang terbiasa memakai sepatu high heels melaporkan mengalami pegal-pegal, kelelahan, mati rasa, dan bunion pada kaki mereka. Meskipun demikian, mereka tetap memilih untuk mengenakannya dengan alasan fashion atau tren semata.

Penelitian Resiko High Heels Bagi kesehatan Kaki

Para peneliti mengukur pergerakan pinggul dan pergelangan kaki pada wanita muda yang menggunakan berbagai macam alas kaki, antara lain sepatu datar dengan hak 1,5 cm, sepatu dengan hak pendek 4,5 cm, dan sepatu dengan hak tinggi 7 cm. Tim peneliti menemukan, wanita yang berlari dengan sepatu hak tinggi mengalami tekanan yang lebih besar pada lutut dan pinggulnya sehingga memicu kerusakan permanen. Terlebih lagi, pergerakan pergelangan kaki yang menurun dapat berkaitan dengan risiko tekanan yang lebih besar. Ladies, that’s a big no!

Penggunaan sepatu hak tinggi atau high heels secara rutin juga dapat meningkatkan risiko osteoarthritis. Tekanan yang lebih besar pada lutut lantaran alas kaki tersebut lah faktor risiko utamanya. Meski studi hanya dilakukan dengan skala kecil pada wanita berusia 21-25 tahun di laboratorium, namun para peneliti percaya hasil ini dapat diterapkan pula pada skala yang lebih besar.

Baca: Melawan Osteoarthritis dengan Glucosamine

Apa Masih Boleh Pakai High Heels?


Bagi wanita, menggunakan high heels atau sepatu hak tinggi dapat membuat mereka merasa cantik karena mendapatkan kesan postur tubuh yang lebih tegap, tinggi dan kaki yang kelihatan lebih jenjang. Tapi setelah tahu resiko-resiko diatas, sepertinya harus dipikir-pikir lagi ya!

Tips dari saya, boleh pakai high heels tapi untuk event tertentu saja ya Sist, untuk kegiatan sehari-hari sebaiknya gunakan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi dan tentunya nyaman di kaki, memang benar ada pepatah No Pain no Gain, tapi rela korbankan kesehatan demi terlihat cantik? Nope, be wise ladies!

Dapatkan info kesehatan lainnya di sehatdenganmanfaatmadu.blogspot.com

Postingan Populer