Anemia, Gejala dan Penyebabnya

Apa itu Anemia?

anemia
Anemia adalah berkurangnya jumlah hemoglobin atau sel darah merah dalam aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya sirkulasi oksigen dalam tubuh dan terjadi penumpukan karbon dioksida pada sel-sel yang dapat mengganggu proses metabolisme sel. Gejala umum dari anemia berupa letih, lesu, pucat, kuku-kuku rapuh dan kehilangan nafsu makan.

Penyebab Anemia

Berdasarkan penyebabnya, anemia dapat dibedakan menjadi:

1. Berkurangnya produksi sel darah merah, bisa terjadi karena kurangnya bahan-bahan gizi yang masuk (zat besi, protein, tembaga, asam folat, Vitamin B6, B2, C) atau bisa juga karena kelainan pada sumsum tulang tempat produksi sel darah merah. Anemia aplastik, bisa juga karena pengaruh obat-obatan yang menekan produksi sel darah merah.

2. Kehilangan sel darah merah bisa disebabkan oleh perdarahan kronis (yang berlangsung dalam waktu lama), misalnya; wasir atau ambeien, menstruasi yang terus-menerus, perdarahan lambung, cacingan, dan lain-lain, maupun kondisi yang menyebabkan sel darah merah rusak lebih cepat, misalnya penyakit-penyakit kronis seperti infeksi atau keradangan, kanker, liver, gagal ginjal, bisa juga karena penyakit keturunan dimana umur sel darah merah memendek atau biasa disebut Sickle Cell Anemia, defisiensi G6PD (Glucose 6-phosphate Dehidrogenase), auto immune hemolytic anemia, dsb.

Perbedaan kondisi sel darah merah pada penderita anemia

Produk Perlebahan yang Disarankan untuk Penderita Anemia

Pollen dan Madu akan memberikan asupan gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel darah merah.

Bee Pollen 2x500mg sehari

Royal Jelly 2x500mg sehari

Madu 3x1 sendok makan sehari


Hindari anemia dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi lengkap untuk tubuh agar aktifitas sehari-hari lancar dan tanpa keluhan.

Mau pesan produk-produk diatas? Klik halaman Pemesanan Produk

Postingan Populer