4 Fakta Pentingnya Sarapan Pagi yang Harus Anda Ketahui

Awali Hari dengan Sarapan Pagi

Anda sudah sarapan pagi hari ini? Tahukah Anda! Hasil survei dari The American Dietetic Association menyatakan bahwa diantara tiga kali waktu makan, sarapan pagi lah yang paling penting.

Sarapan pagi yang kita lakukan setiap hari bukan hanya sekedar mengisi dan mengenyangkan perut saja, ternyata ada 4 manfaat yang bisa didapat melalu sarapan pagi, yang sehat tentunya

1.Sarapan dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Sarapan itu layaknya seperti mengisi bahan bakar setelah perut kita kosong selama kita tidur, yaitu sekitar 8 - 10 jam. Makanan ini diperlukan untuk mengaktifkan daya kerja tubuh kita.

2. Sarapan bisa menurunkan berat badan.

Menu sarapan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat, sehingga menyediakan energi yang konstan dan membuat Anda tidak cepat lapar.

3 Sarapan tingkatkan kemampuan otak.

Riset para ahli dari Universitas Swansea, Wales membuktikan bahwa prestasi pelajar yang selalu sarapan pagi 22% lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan.

4. Sarapan serat mengurangi resiko penyakit jantung.

Riset menunjukkan orang yang tidak terbiasa sarapan pagi memiliki kadar kolesterol yang buruk (LDL) lebih tinggi ketimbang mereka yang menyantap semangkuk sereal di pagi hari.

Resep Pancakes Madu

Untuk Adonan Pancakes:
500g Tepung terigu
6 butir Telur
80g Gula pasir
1 liter Susu
80g Butter yang dilelehkan
Garam secukupnya

3 sendok makan minyak sayur

Untuk Garnish: 
100g Kacang yang potong kecil-kecil
50g Kacang Almond yang dihaluskan

350g Madu

Cara membuat:

1 - Masukkan tepung terigu, gula pasir dan garam kedalam wadah, aduk-aduk hingga tercampur merata. Buat lubang ditengah-tengah campuran bahan tersebut, lalu masukkan telur yang sudah dikocok dan susu sedikit demi sedikit. Aduk-aduk kembali adonan hingga lembut dan diamkan selama 30 menit.

2 - Tambahkan butter yang sudah dilelehkan dan minyak sesaat sebelum adonan pancakes dimasukkan ke dalam wajan.

3 - Tambahkan sedikit minyak/ butter pada wajan sebelum adonan dimasukkan agar tidak lengket.

4 - Setelah wajan panas, masukkan adonan sedikit demi sedikit, besar pancakes sesuai selera. Goyang-goyang wajan, apabila adonan sudah tidak lengket lagi, balik pancakesnya.

5 - Setelah kedua sisinya matang, angkat dan sajikan diatas piring.

6 - Hangatkan madu, kacang dan almond diatas wajan, tambahkan 2 sendok makan air, setelah tercampur merata lalu matikan apinya. Tuang diatas pancakes.

7 - Sajikan selagi panas, jika sudah dingin panaskan kembali didalam oven selama 5 menit.

Selamat mencoba!

Postingan Populer